Alkisah diceritakan seorang lelaki yang lahir di Ciamis tanggal 24 Juni 1987, suatu kota yang lumayan padat penduduknya hingga banyak sekali daerah-daerah yang tidak tersentuh oleh para pejabat publik untuk pemerataan sarana publik, yang paling menonjol adalah masih banyak jalan-jalan yang rusak karena luasnya Kabupaten Ciamis, semasa kecil aku tinggal bersama ibu dan ke 4 saudaranya, lalu ayahnya?ayahnya bekerja di ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta, rinduku tebal ketika berpisah dengan ayah karena harus bekerja, sedari dulu aku sudah dan harus terbiasa menghabiskan waktuku tanpa ada ayah disampingku, tak mengapa karena aku mempunyai sosok tangguh seorang ibu yang rela bangun ketika matahari masih terlelap dalam tidurnya, beliau dengan sigap sudah bersiap untuk bertempur ke medan perang “dapur”, dengan bersenjatakan pisau, sendok, panci dan wajan..terdengar irama-irama besi beradu dengan kayu, besi dengan besi..dan jeritan teko yang berisi air karena dibakar api menandakan bahwa air sudah berada pada suhu yang paling panas, itu berarrti air sudah layak untuk diminum karena bakteri dan kuman-kuman sudah mati karena panasnya api yang berasal dari kompor minyak tanah. Sayup-sayup terdengar “aa bangun sudah subuh” tapi aku masih glendotan diatas kasur ditemani guling lecek dengan sarung bantal yang sudah berubah warna, tak lama terdengar suara derap kaki yang menaiki tangga, karena aku tidur di lantai 2, tak lama kemudian JETRAAK…pintu kamar dibuka dengan sangat kencang sekali, lalu ada sambaran petir dini hari “ARI AA GEUNINGAN NYA DIBANGUNIN TITADI TEU NYARING-NYARING, DIBANJUR GEURA” setelah mendengar petir menyambar, tak butuh waktu satu detik aku terperanjat bangun setengah loncat, lalu buru-buru turun ke bawah, ambil wudlu kemudian solat subuh.
Untuk masa sekolah aku terbilang yang beruntung karena posisi sekolahku sangat dekat dengan rumahku, itu untuk SD, kalau SMP aku harus naik angkot dan waktu SMA aku sudah dibekali sepeda jepang alias motor oleh ayah, sungguh masa-masa yang sangat aku rindukan sekali.
Saat ini aku sudah bekerja dan berumah tangga dengan bonus yang allah berikan kepadaku yaitu 2 orang jagoan, yang pertama sudah kelas 3 SD sedangkan yang ke dua baru sekolah di RA, aku masih setia dengan profesiku yaitu GURU salah satu profesi yang mungkin bisa disebut mulia karena GURU memberikan cahaya didalam gelap dengan ilmu yang dia miliki sehingga anak-anak yang tidak tahu menjadi tahu, pun bila dibandingkan dengan profesi yang lainnya untuk urusan kesejahteraan mungkin GURU masih dibawah dari para pejabat-pejabat negara, namun tanpa adanya guru, mana mungkin tercipta para pejabat negara :D, intinya aku selalu bersyukur dengan apa yang aku dapatkan.
Selain menjadi guru, aku mempunyai tugas tambahan apa itu? hal-hal yang berbau-bau TIK pasti muaranya tidak pada yang lain..pasti lah bermuara padaku, tapi aku sangat menikmatinya, karena dari dulu aku suka sekali dengan dunia TIK, sampai-sampai temanku ada yang bilang, “wajah kamu jadi kotak kayak monitor”, karena aku memang lebih sering menghabiskan waktuku didalam lab komputer, yang paling membuatku bangga dan mungkin membuatku kurang tidur dan gak enak makan karena saat ini aku memegang peran yang mungkin penting untuk kelangsungan operasional sekolah tempatku bekerja, apa itu?ya..the nightmare…DAPODIK alias Data Pokok Pendidikan, itu merupakan sebuah aplikasi yang berisi data-data yang ada pada satuan pendidikan, baik itu data sarana prasarana, siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan, yang paling mengerikan itu apabila sudah ketemu dengan tulisan warna merah tua dan bertuliskan INVALID, ketika sudah ketemu dengan yang namanya INVALID itu yang tadinya mau makan banyak jadi gak selera, mw tidur jadi gak bisa tidur karena takut mimpi buruk akibat dihantui oleh INVALID, namun karena mungkin mentalku sudah terasah dengan baik akibat INVALID itu, aku jadi bisa menyelesaikan sendiri permasalahan yang menyebabkan data itu INVALID, dan nafsu makan dan tidur nyenyak itu akan kembali setelah merah tua berubah menjadi hijau alias si INVALID udah pergi jauh kembali ke asalnya, sampai detik ini, aku masih dan selalu setia menjadi “pemulung data”
–Vikri Setiawan–
Website Resmi SMA Negeri 2 Banjar
We firmly believe that the internet should be available and accessible to anyone, and are committed to providing a website that is accessible to the widest possible audience, regardless of circumstance and ability.
To fulfill this, we aim to adhere as strictly as possible to the World Wide Web Consortium’s (W3C) Web Content Accessibility Guidelines 2.1 (WCAG 2.1) at the AA level. These guidelines explain how to make web content accessible to people with a wide array of disabilities. Complying with those guidelines helps us ensure that the website is accessible to all people: blind people, people with motor impairments, visual impairment, cognitive disabilities, and more.
This website utilizes various technologies that are meant to make it as accessible as possible at all times. We utilize an accessibility interface that allows persons with specific disabilities to adjust the website’s UI (user interface) and design it to their personal needs.
Additionally, the website utilizes an AI-based application that runs in the background and optimizes its accessibility level constantly. This application remediates the website’s HTML, adapts Its functionality and behavior for screen-readers used by the blind users, and for keyboard functions used by individuals with motor impairments.
If you’ve found a malfunction or have ideas for improvement, we’ll be happy to hear from you. You can reach out to the website’s operators by using the following email
Our website implements the ARIA attributes (Accessible Rich Internet Applications) technique, alongside various different behavioral changes, to ensure blind users visiting with screen-readers are able to read, comprehend, and enjoy the website’s functions. As soon as a user with a screen-reader enters your site, they immediately receive a prompt to enter the Screen-Reader Profile so they can browse and operate your site effectively. Here’s how our website covers some of the most important screen-reader requirements, alongside console screenshots of code examples:
Screen-reader optimization: we run a background process that learns the website’s components from top to bottom, to ensure ongoing compliance even when updating the website. In this process, we provide screen-readers with meaningful data using the ARIA set of attributes. For example, we provide accurate form labels; descriptions for actionable icons (social media icons, search icons, cart icons, etc.); validation guidance for form inputs; element roles such as buttons, menus, modal dialogues (popups), and others. Additionally, the background process scans all the website’s images and provides an accurate and meaningful image-object-recognition-based description as an ALT (alternate text) tag for images that are not described. It will also extract texts that are embedded within the image, using an OCR (optical character recognition) technology. To turn on screen-reader adjustments at any time, users need only to press the Alt+1 keyboard combination. Screen-reader users also get automatic announcements to turn the Screen-reader mode on as soon as they enter the website.
These adjustments are compatible with all popular screen readers, including JAWS and NVDA.
Keyboard navigation optimization: The background process also adjusts the website’s HTML, and adds various behaviors using JavaScript code to make the website operable by the keyboard. This includes the ability to navigate the website using the Tab and Shift+Tab keys, operate dropdowns with the arrow keys, close them with Esc, trigger buttons and links using the Enter key, navigate between radio and checkbox elements using the arrow keys, and fill them in with the Spacebar or Enter key.Additionally, keyboard users will find quick-navigation and content-skip menus, available at any time by clicking Alt+1, or as the first elements of the site while navigating with the keyboard. The background process also handles triggered popups by moving the keyboard focus towards them as soon as they appear, and not allow the focus drift outside it.
Users can also use shortcuts such as “M” (menus), “H” (headings), “F” (forms), “B” (buttons), and “G” (graphics) to jump to specific elements.
We aim to support the widest array of browsers and assistive technologies as possible, so our users can choose the best fitting tools for them, with as few limitations as possible. Therefore, we have worked very hard to be able to support all major systems that comprise over 95% of the user market share including Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Opera and Microsoft Edge, JAWS and NVDA (screen readers).
Despite our very best efforts to allow anybody to adjust the website to their needs. There may still be pages or sections that are not fully accessible, are in the process of becoming accessible, or are lacking an adequate technological solution to make them accessible. Still, we are continually improving our accessibility, adding, updating and improving its options and features, and developing and adopting new technologies. All this is meant to reach the optimal level of accessibility, following technological advancements. For any assistance, please reach out to
Silahkan pilih helpdesk sesuai dengan tujuan anda
Copyright © 2024 SMA Negeri 2 Banjar