Asyiknya Anak Seni Memperingati Hari Batik Nasional

Salam Kreatif dari anak seni rupa yang terus mengasah kemampuannya di bidang seni rupa. Sabtu, 2 Oktober 2021 di pagi yang cerah begitu antusias dan semangat anak-anak ekstrakulikuler seni rupa di hari libur berangkat ke sekolah mengenakan baju batik dimana yang biasanya mengenakan pakaian bebas ketika mengikuti ekstrakulikuler seni rupa. Ada makna yang berbeda pada latihan kali ini, dimana pada hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Selalu semangat dan tekun berlatih dalam mengasah dan mengembangkan bakat yang kami miliki. Pada momentum Hari Batik Nasional  ini anak-anak membuat batik tulis kontemporer yang mengangkat tema kearifan lokal, dimana motif batik yang mereka buat hasil dari imajinasi yang ada di daerah mereka tingal tepatnya Langensari Kota Banjar. Hasil dari wujud imajinasinya adalah motif daun pepaya yang selalu ada pada kain batik tulis kontemporer yang dibuat.

Dengan adanya kegiatan batik tulis ini kami bertujuan untuk ikut serta melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia sehingga terus berkembang, dikenal dan dilestarikan oleh peserta didik. Begitu banyak manfaat yang mereka dapatkan dari berkarya batik tulis meskipun jauh dari kata sempurna hasil batik tulis yang mereka buat jika dibandingkan dengan pabrik batik, diantara manfaatnya:

  • melatih kesabaran, ulet, tekun dan ketelitian di mana dalam berkarya batik tulis sangat lama prosesnya dan begitu banyak tahapanya untuk menghasilkan hasil yang bagus
  • mengetahui ilmu dasar dalam membatik tulis ketika melanjutkan ke perguruan tinggi bidang seni rupa
  • memberikan bekal kepada anak setelah lulus sekolah dalam dunia kerja

Ngalimun Wahyudin, S.Pd

Tinggalkan Balasan

× Hay, ada yang bisa kami bantu?