Jejak Literasi KIR Bersama Pendiri RBK Kota Banjar

Kegiatan literasi tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Proses membaca dan menulis selalu menjadi hal yang tak pernah terlewatkan. Pentingnya manfaat melestarikan budaya menulis dan membaca, menjadi titik perhatian oleh segenap warga SMAN 2 Banjar. Seorang guru sosiologi, pegiat literasi (Saeful Hadi, S.Sos) dan seorang guru fisika sekaligus pembina KIR (Wini Windiani, S.Si., M.Pd.) berkolaborasi memajukan kecintaan siswa terhadap buku.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan bincang santai bersama pendiri Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar, yakni Sofyan Munawar, M.A. Tema yang diusung pada Selasa, 5 April 2022 adalah “Motivasi Menulis” yang dilaksanakan di perpustakaan SMAN 2 Banjar.

Tepat pukul 09.00 WIB. acara dibuka oleh Saeful Hadi S.sos. Diawali dengan QS. ‘Alaq:1-5 yang menyulut semangat menulis. Beberapa pengalaman yang berkaitan dengan kepenulisan, diceritakannya dengan penuh antusias. Peserta Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII menyimak pemaparannya dengan baik.

Selanjutnya, acara inti oleh Sofyan Munawar, M.A dibuka dengan jargon, “Salam literasi! Salam Literasi! KIR! Ayo menulis!” yang membuat riuh tepuk tangan di perpustakaan. Motivasi menulis yang pertama kali disuguhkan yaitu ucapan Ali bin Abi Thalib, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Beberapa hal yang berkaitan dengan praktik menulis, dijelaskannya dengan runtut. Dari sekian banyak proses dalam menulis, revisi menjadi tahap terpenting yang menentukan kualitas sebuah tulisan.

“Karena kita dekat dengan tulisan kita sendiri, sehingga kita tidak mampu menemukan kesalahan dalam tulisantersebut. Maka, kita perlu orang lain dalam proses revisi,” ucapnya.

Berbagai pengalaman menarik Sofyan Munawar, M.A menambah motivasi para siswa untuk bersemangat menulis. Diceritakan dari awal karirnya menulis hingga mendapatkan kesempatan meneliti  32 provinsi di Nusantara. Pencapaiannya yang luar biasa pun membuat dirinya mendirikan Ruang Baca Komunitas (RBK) di Kota Banjar.

Tindak lanjut dari kegiatan ini, diharapkan siswa dapat aktif berkarya dengan menerima beberapa tantangan menulis yang diberikan oleh Saeful Hadi, S.Sos dan Wini Windiani, S.Si., M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?