Tri Bakti PMR SMA Negeri 2 Banjar 2022 “PMR Peduli”

Wah udah mau lengser aja nih,agenda terakhir untuk anggota PMR kelas 12 yaitu melaksanakan TRI BAKTI. TRI BAKTI ini adalah salah satu agenda yang ada di PMR. Ada yang tau apa saja isi TRI BAKTI ?
Seperti namanya TRI BAKTI terdapat menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat
  2. Berbakti dan berkarya di masyarakat
  3. Mempererat persahabatan nasional dan Internasional.

Acara TRI BAKTI kali ini dinamakan ” PMR Peduli di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 03 Desember 2022. Acara ini bertempat di Kampus SMP Negeri 4 Banjar. Acaranya di mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Tri Bakti ini di awali dengan perkenalan dari kami anggota PMR Smandaban kepada anggota PMR SMP Negeri 4 Banjar. Setelah perkenalanan kami sedikit memaparkan apa yang kami tau tentang “Kesehatan Remaja” atau yang lebih di kenal dengan Kesja, pemaparan tersebut di sampaikan oleh kedua rekan kami yang bernama Nissa dan Dewi. Anak-anak sangat terlihat antusias sekali mendengarkan pemaparan tersebut dan mereka pun sangat aktif bertanya.

Setelah menyelesaikan sesi tanya jawab,kami membagikan doorprize untuk anak-anak yang bertanya, yaa mereka terlihat senang sekali mendapatkan doorprize tersebut. Selanjutnya pemaparan kedua tentang “Remaja Sehat Peduli Sesama” yang di sampaikan oleh kedua rekan kami yang bernama Adam dan Salsa. Anak-anak yang mendengarkan pun jauh lebih antusias dan sangat serius bahkan ketika sesi tanya jawab lebih banyak lagi yang bertanya, mungkin mereka sangat bersemangat bertanya karena nantinya akan dapat doorprize sama seperti teman-teman mereka sebelumnya.

Akan tetapi tidak ternyata ,mereka yang bertanya itu memang dengan pertanyaan yang sangat bagus dan baik yang berhubungan dengan kesehatan diri mereka masing-masing. Setelah pemaparan kedua materi lalu kita bermain game edukatif seperti ular tangga “Ayo Siaga Bencana” yang lebih dikenal dengan singkatan ASINCAN dan juga game monopoli Stunting. Pelaksanakan game ini kita lakukan di lapangan,anak-anak sangat bersemangat sekali untuk mengikuti kedua game yang kita adakan, dan sebagian anak yang tidak ikut bermain pun sangat bersemangat untuk memberi semangatt kepada teman mereka yang sedang bermain dengan lawannya.

Setelah permainan selesai lalu kita memberikan doorprize kepada mereka yang berhasil memainkan game sesuai dengan aturan dan lolos dalam waktu yang lebih cepat. “Wah selamat ya kalian”, ucap kami kepada para pemenang. Games-games ini disampaikan untuk edukasi kesiapsiagaan bencana pada PMR, disini mereka diajarkan sambil bermain, apa itu bencana dan apa yang bisa mereka lakukan jika bencana terjadi. Monopoli “Stunting” mengenalkan anak pada resiko dan akibat dari stunting, jadi sebagai generasi masa depan, mereka bisa lebih berjaga-jaga untuk menghindarinya.

Setelah semua rangkaian acara kami laksanakan, kami berfoto bersama kemudian pamitan lalu pulang.

Berkarya dan berbaktilah.Eratkan lagi tali persahabatanmu.

By PMRSMANDABAN

One thought on “Tri Bakti PMR SMA Negeri 2 Banjar 2022 “PMR Peduli”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?