Wisata Kebangsaan Sesi 2

Wisata Kebangsaan atau yang biasa kita kenal Study Tour, merupakan program pembelajaran siswa dengan cara turun langsung ke lapangan dengan tujuan melihat dan mengamati lingkup yang dikaji sehingga akan timbul perasaan ingin tahu siswa dan keinginan siswa untuk lebih banyak bertanya sebab suatu hal yang belum mampu mereka ketahui sebelumnya. Kegiatan ini memberikan siswa pengalaman langsung terkait dengan situasi pada daya tarik wisata yang tidak didapatkan disekolah dengan tujuan belajar sambil liburan.

Wisata Kebangsaan Sesi 2 SMA Negeri 2 Banjar di ikuti oleh siswa-siswi kelas XI dan kelas XII dengan jumlah 170 siswa dan 12 pembimbing. Dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Desember 2022. Peserta wisata kebangsaan sesi 2 merupakan siswa-siswi yang tidak bisa mengikuti wisata kebangsaan sesi 1.

Pukul 07:00 WIB kita berangkat dari kampus SMA Negeri 2 Banjar menuju Universitas Galuh Ciamis dengan menaiki 4 rombongan bus. Sesampainya di Univesitas Galuh Ciamis disambut oleh kakak mahasiswa, untuk melaksanakan Kampus Tour secara bergilir yang terbagi menjadi 3 kelompok. Ice Breaking sambil menunggu giliran Kampus Tour ke Falkultas Ekonomi visitor berada di Gedung Auditorium.

Pukul 09.30 acara pembukaan dimulai, menyayikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan-sambutan dari Kepala SMA Negeri 2 Banjar Drs. Agus Prasetiana atau yang mewakilinya dilanjutkan sambutan dari Rektor Universitas Galuh Dr. Dadi, M.Si. atau yang mewakilinya.

Acara selanjutnya adalah penyerahan cenderamata, penyampaian profil Fakultas Ekonomi, games dan ditutup oleh Dekan Fakultas Ekonomi yaitu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M.

Kemudian dilanjutkan istirahat, makan dan Sholat Dzuhur di Masjid Agung Ciamis. Setelah isitirahat sejenak kita melanjutkan perjalananan menuju lokasi Kampung Kreatif UMKM di Rajapolah. Sesampainya di sana kita disambut dengan baik, adanya pembekalan dari pengurus paguyuban.

Siswa-siswi melakukan interaktif dan praktik dengan beberapa pengrajin, para pengrajin menjelaskan tentang seni kriya, alat dan bahan serta proses pembutannya. Siswa-siswi sangat  antusias dan semangat dalam berkarya seni kriya karena hasil yang dibuat pada saat pembimbingan berlangsung nantinya dapat di bawa pulang secara gratis atau dijadikan kenang-kenangan.

“Kesan saya sangat menyenangkan karena dapat berkunjung ke Universitas Galuh Ciamis, melihat-lihat secara langsung isi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis itu seperti apa sekaligus di berikan gambaran secara sosialisasi di Universitas tersebut, serta berkunjung ke tempat di mana pusat pengrajin tangan dibuat di kampung kreatif Rajapolah sekaligus saya diberi tahu dan diajarkan tentang proses pembuatan kerajinan yang terbuat dari bahan mendong/daun pandan.

Kemudian saya berkunjung ke Jl. K.H.Z. Mustofa bagi saya ini Malioboro-nya Tasikmalaya pada malam hari, yang menimbulkan nuansa yang tidak kalah indahnya Malioboro Yogyakarta. Tidak lupa juga dapat pengalaman serta kenangan baru dengan teman-teman yang mengikuti wisata kebangsaan sesi 2 ini” ujar Azis Haryanto Nugroho – XII IPA 5.

Setelah mengikuti wisata kebangsaan sesi 2, Saya tidak merasa kecewa, bahkan senang karena disana saya dapat melihat hal-hal yang baru dan mendapat ilmu yang sangat bermanfaat” ujar Zahra Aulia Husnunnisa – XII IPA 5.

Penulis : Ngalimun Wahyudin, S.Pd.

2 thoughts on “Wisata Kebangsaan Sesi 2

  1. wrateex says:

    Finally, we performed sensitivity analyses by excluding women with in situ breast cancer and reevaluating the final multivariable model; we also reran analyses censoring women who developed a recurrence or new primary breast cancer at the time of these events viagra pill identifier

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?