Pelantikan PMR Bentuk Pengakuan dan Penghargaan

BANJAR – (20/06/2023) Masih ingatkan tentang Siklus Manajemen PMR ? Mari kita segarkan, Setelah melalui rekrutmen diawal tahun ajaran, anggota PMR harus menjalani pelatihan yang terdiri dari 7 materi , selanjutnya melakukan tri bakti , lalu dilaksanakanlah pengakuan dan penghargaan, yang salah satu bentuk formalnya adalah pelantikan. Nah, akhir tahun ajaran ini sampailah waktunya untuk melaksanakan pelantikan.
Tahun ini, PMI Kota Banjar mengeluarkan program baru yaitu pelantikan bersama PMR se Kota Banjar. Program ini mendapat respons yang baik dari para Pembina PMR di sekolah, karena kewajiban sekolah untuk melaksanakan pelantikan ini menjadi terbantu. Tujuan Pelantikan terpusat di markas PMI Kota Banjar ini adalah untuk menyeragamkan proses dan alur pelantikan secara umum, jadi bukan berarti sekolah tidak boleh melakukan pelantikan mandiri, tapi alurnya harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PMI.
Pelantikan PMR oleh PMI Kota Banjar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023, di area Taman Islamic Center Kota Banjar. Untuk kegiatan ini, PMRSMANDABAN mengirimkan 13 anggota PMR kelas X yang telah memenuhi syarat pelantikan. Syarat pelantikan yang ditetapkan oleh PMRSMANDABAN adalah menjadi anggota PMR aktif disekolah,dibuktikan dengan kehadiran latihan dan kegiatan PMR, dan mengisi buku saku minimal 50 %. Pelantikan di Kota Banjar ini diikuti oleh 153 anggota PMR Tingkat Madya dan Wira.

Rangkaian acara pelantikan diawali dengan registrasi peserta mulai dari jam 7, dilanjutkan dengan upacara pembukaan. Bapak Wakil Ketua PMI bidang SDM, Bapak Asep Suharto, SE, M.Pd, membuka acara sekaligus mengapresiasi kegiatan yg akan dilaksanakan. Acara utama pelantikan diawali dengan tes daring yang distandarisasi oleh PMI, berisi 50 soal dari 7 materi PMR. KKM yang ditentukan adalah nilai 70. Sebagai refreshing dan fun game edukasi, selanjutnya secara individu semua anggota PMR yang akan dilantik mengikuti permainan ala rangking 1, dan juara 1-3 bertahan sampai akhir permainan mendapatkan doorprize dan voucher dari Eiger

Acara utama yang kedua dari pelantikan ini adalah pembuatan program berdasarkan tri bakti PMR, dilakukan secara berkelompok. Kelompok dipisah antara Madya dengan Wira , dan anggota kelompok bercampur, tidak hanya berasal dari satu sekolah. Setelah istirahat, perwakilan kelompok dari Madya dan Wira mempresentasikan program kegiatan yang disusunnya. Hasil baik dari kegiatan ini adalah terkumpulnya banyak ide program kegiatan PMR yang dapat diadopsi, atau dimodifikasi untuk dilaksanakan di sekolah masing-masing nantinya.
Kegiatan diakhiri dengan kata-kata pelantikan oleh Sekretaris PMI Kota Banjar, Siti Maryam,S.Pd, M.Pd, beliau menuturkan “Menjadi anggota PMR yang telah dilatih, telah melakukan tri bakti, utamanya adalah dapat menumbuhkan 8 karakter PMR, yaitu bersih, sehat, kepemimpinan, peduli, kreatif, kerjasama, bersahabat dan cerita”. Setelah penyematan Kartu Tanda Anggota PMI sebagai bukti mereka telah terdaftar sebagai Anggota Remaja PMI secara nasional, acara dibubarkan.

Semoga kegiatan ini berkelanjutan , karena sisi persahabatan muncul sangat besar saat PMR bertemu dengan rekannya dari sekolah lain, berdiskusi, bekerjasama dan menguji diri. Kedepan, semoga PMR yang sudah dilantik ini dapat mengembangkan Pembinaan PMR di sekolah masing-masing di tahun ajaran selanjutnya. Maju terus PMR!!

Add a Comment

× Butuh Bantuan?