Youth Nation PMR SMAN 2 Banjar 2024: Acara Seru yang Menginspirasi Generasi Muda

Banjar – (18/2/2024) Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 2 Banjar Kembali dengan program rutin tahunan ini, Youth Nation menjadi ajang untuk pmrsmandaban unjuk kabisa. Kali ini Youth Nation dilaksanakan pada Minggu,18 Februari 2024. Peserta kegiatan adalah anggota PMR SMAN 2 Banjar kelas X, XI termasuk BPH. Dengan digabung anggota diharapkan kebersamaan dan kekompakan antar anggota PMR terjalin dengan baik

“ Program ini kita jadikan kegiatan rutin karena dapat menjadi ajang penilaian, unjuk kabisa baik pengetahuan maupun keterampilan.. Jadi endingnya dapat menguatkan karakter baik siswa “ ujar bu Maryam, Pembina PMRSMANDABAN. Anggota pmr mengikuti kegiatan beragam di Youth Nation ini.

Acara diawali dengan pengarahan dari pembina pmr tentang teknis kegiatan, dan berdoa untuk kebermanfaatan kegiatan. Pertama, dilaksanakan lomba cerdas cermat ( LCC) PMR, anggota pmr dibagi pada 11 tim dan mereka diuji pengetahuannya tentang 7 materi PMR, seperti LCC umum nya, jenis soal yang dipakai ada soal wajib, soal rebutan dan lemparan. Dipandu oleh bu Putri Ayu Puspitasari sebagai pembina PMR juga, anggota PMR fokus menyimak soal-soal. Refleksi dari kegiatan ini, penguatan pengetahuan kepalangmerahan harus terus ditingkatkan.

Kegiatan kedua adalah lomba individu tentang ala rangking 1, materi yang disajikan masih tetap dari materi PMR. Peserta merespons pernyataan soal dengan mengacungkan lembar jawab benar atau salah. Kegiatan ini tidak berlangsung lama karena anggota cepat sekali berguguran. Unsur kehati-hatian ketika mengacungkan jawaban

Kegiatan ketiga keempat dilakukan dalam waktu bersamaan, yaitu ajang kreativitas, dimana setiap anggota PMR menampilkan karya kreasi mereka mengolah limbah plastik. Setiap anggota memaparkan alat bahan dan cara pembuatan karya sekaligus memaparkan hambatan / tantangan dalam pembuatan juga solusi yang mereka lakukan untuk mengatasinya.

Kegiatan baru dalam Youth Nation kali ini adalah Marisha, mari sharing informasi intinya. Dilaksanakan secara berkelompok, anggota mempresentasikan 1 pilihan materi yang diperoleh dengan cara yg menarik, anggota kelompok berbagi dalam menjelaskan. Kegiatan ini adalah kegiatan baru di Youth Nation bertujuan terus menggali kemampuan anggota mengedukasi rekan sebaya, mengajak berfikir kritis, melatih mereka kemampuan menyampaikan informasi lebih menarik.

Diakhir kegiatan diadakan dibagikan penghargaan dan reward untuk anggota yang memperoleh peringkat 1,2 dan 3 dari tiap kegiatan. Youth Nation di akhiri sekitar dhuhur setelah foto bersama.

Refleksi dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan pemahaman anggota PMR harus terus ditingkatkan dengan berbagai cara yang kreatif. Kreativitas siswa dapat diapresiasi dengan ditampilkan. Kemampuan analisis dan berfikir kritis siswa diasah saat diberi ruang. Kedepan persiapan program kegiatan lebih baik diperlukan. Agar hasil lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

× Hay, ada yang bisa kami bantu?