Bersama Menguji Pertolongan Pertama

Lomba PP PMR Se-Kota Banjar dan Sekitarnya adalah salah satu program kerja unggulan PMRSMANDABAN tiap tahunnya. Kali ini adalah penyelenggaraan kesembilan kalinya. Tujuan penyelenggaraan lomba PP PMR adalah evaluasi pembinaan salah satu materi PMR, yaitu pertolongan pertama, yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Tujuan lainnya adalah ajang bertemu dan bertambah teman antara PMR sebagai perwujudan Tri Bakti PMR yang ketiga, yaitu mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Lomba PP bagi PMRSMANDABAN adalah salah satu pembelajaran bagi BPH untuk mengelola suatu program kegiatan. Pelaksana utama kegiatan adalah dan Tim dari PMI Kota Banjar, dan SMA Negeri 2 Banjar sebagai leading sectornya. Peserta lomba kali ini adalah 205 PMR Madya dan Wira dari dalam dan luar Kota Banjar. Sekolah yang mengikuti kegiatan kali ini adalah sebagai berikut :
Madya : SMPN 4 Banjar, SMP Islam Langen, MTsN 2 Banjar, SMPN 8 Banjar, SMPN 2 Banjar, SMPN 1 Lakbok, MTsN 10 Ciamis, MTs PUI Cijantung.
Wira : SMK Al Ma’arif, SMKN 3 Banjar, MA Al Azhar, SMAN 1 Banjar, SMAN 3 Banjar, SMKN 1 Banjar, SMKN 2 Banjar, SMK Muhammadiyah, SMAN 1 Lakbok, SMAN 1 Banjarsari, SMKN 1 Wanareja, MA PUI Cijantung, MAN 4 Ciamis.
Semua anggota PMRSMANDABAN mengikuti lomba ini sebagai bentuk pengujian materi PP. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 19 November 2023 di Kampus SMA Negeri 2 Banjar. Setelah pada tanggal 15 November diadakan penjelasan teknis dan penyamaan persepsi, pelaksanaan lomba berlangsung lancar.

Setelah dibuka oleh Ketua PMI, Drs Supratman, M.Si. lomba PP kali ini dilaksanakan dengan 2 tahap: pertama, tahap tes online menggunakan cbt.sman2banjar.sch.id , perwakilan 1 peserta masing-masing kelompok mengisi soal yang disediakan seputar pertolongan pertama; kedua, tahap praktek. Peserta dalam kelompok mempraktikkan pertolongan pertama dalam waktu maksimal 10 menit, dengan soal/ kasus yg dipilih sendiri.

Penguasaan tahap dan langkah penanganan pemberian pertolongan pertama pada korban dipraktikkan oleh peserta dengan seksama. Konfirmasi dan evaluasi disampaikan di akhir kegiatan. Ada doorprize menarik saat evaluasi yang diperoleh peserta yang berhasil menjawab pertanyaan bahkan untuk yang berani mengajukan pertanyaan.

Rangkaian kegiatan diakhiri pada jam 13.00 dengan pengumuman juara dan peringkat masing-masing sekolah dalam penguasaan PP di lomba kali ini. Hasil diperoleh dari total nilai tes online dan praktik dengan prosentase 25 % dan 75%. Peraih juara Lomba PP PMR se-Kota Banjar dan sekitarnya tahun 2023:

Madya :
Juara 1 : “Fisiologi” dari SMPN 4 Banjar
Juara 2 : ” Sianosis ” dari SMPN 2 Banjar
Juara 3 : ” ABC ” dari MTsN 2 Banjar
Juara Harapan 1 : ” Jaw Trush Manuver ” dari SMPN 2 Banjar
Juara Harapan 2 : ” Arteri ” dari MTs PUI Cijantung
Juara Harapan 3 : ” APD ” dari SMPN 2 Banjar

Wira :
Juara 1 : “Frontal” dari SMAN 3 Banjar
Juara 2 : “Infeksi” dari SMKN 1 Banjar
Juara 3 : “Dislokasi” dari SMKN 3 Banjar
Juara Harapan 1 : ” KOMPAK” dari SMAN 3 Banjar
Juara Harapan 2 : ” Strain ” dari SMAN 1 Banjar
Juara Harapan 3 : ” Fiksasi Manual ” dari MA PUI Cijantung

Untuk Peringkat 1 Madya diraih oleh : SMPN 2 Banjar, MTsN 2 Banjar, SMPN 4 Banjar. Peringkat 2 Madya diraih oleh : MTs PUI Cijantung, SMPN 1 Lakbok, SMPN 8 Banjar, dan Peringkat 3 Madya diraih oleh SMP Islam Kangen, dan MTsN 10 Ciamis.

Sedangkan untuk Peringkat 1 Wira diraih oleh : SMAN 3 Banjar, SMKN 1 Banjar, SMKN 3 Banjar. Peringkat 2 Wira diraih oleh : SMAN 1 Banjar, MA PUI Cijantung, MAN 4 Ciamis, SMAN 1 Banjarsari, SMK Ma’arif NU, SMKN 2 Banjar, SMK Muhammadiyah Banjar. Peringkat 3 Wira diraih oleh SMAN 1 Lakbok, SMAN 1 Wanareja, MAS Al Azhar , MA IPHI Pamarican.


Kegiatan Lomba kali ini didukung oleh PMI Kota Banjar, BJB Unit Langensari, Warung Ndeso, dan V Cell. Semua hasil adalah bahan introspeksi. Mari sebaiknya kita merefleksikan diri sebaik mungkin. Apa kekurangan yang masih ada, apa hal yang sudah baik, pembelajaran apa yang kita dapat dan bagaimana rencana perbaikan ke depannya.

Mari terus berlatih, mari terus memperbaiki diri. PMR Relawan Masa Depan, PMR yang peduli meningkatkan kompetensi.

By : Siti Maryam

Add a Comment