Galasipa Melaksanakan Praktek Bivak

Galasipa merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 2 Banjar. Ekstrakurikuler ini fokus kepada materi-materi tentang kepecintaalaman. Salah satu materi dalam kepecintaalaman ini adalah bivak. Bivakini akan sangat berfungsi pada saat kita melakukan pendakian ke sebuah gunung untuk istirahat atau berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Para anggota Galasipa diharapkan dapat membuat sebuah bivak sederhana yang dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam.

Pada praktek pembuatan bivak kali ini diikuti oleh calon anggota Galasipa baik yang berasal dari kelas 10 maupun kelas 11 yang baru bergabung. Praktek pembuatan bivak praktek dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021. Peserta dibagi menjadi empat kelompok dan dipandu oleh para pengurus atau kelas di atasnya sehingga pembuatan bivak sesuai dengan teori yang disampaikan pada saat latihan materi di kelas.
Pembuatan bivak ini diberi petunjuk yaitu dengan cara mencari bahan-bahan yang tersedia di sekitar kebun di jembatan Pelangi Langensari. Para peserta mencari bahan untuk bivak berupa ranting, daun-daunan atau tali yang ada di sekitarnya. Setelah mengumpulkan berbagai bahan yang dibutuhkan mereka mendesain sendiri dan segera mendirikan bivak di tempat yang sesuai yaitu di tempat yang paling aman. Setelah selesai mereka melaporkan diri pada pengurus atau yang mendampingi tentang bagaimana hasil dari pembuatan bivak tersebut. Mereka dinilai apakah bivak tersebut sesuai dengan teori atau tidak. Nah, setelah itu mereka harus menjelaskan bahan-bahan yang sudah dicari dan muat berapa orang di bivak tersebut. Setelah dievaluasi oleh pendampingnya dan cukup berhasil. Selanjutnya, mereka harus membersihkan kembali tempat tersebut seperti keadaan semula.

Setelah pembuatan bivak selesai dan dibersihkan kembali saya sebagai pembina memberikan sedikit pengarahan tentang ekstrakurikuler Galasipa, karena ekstrakurikuler ini tidak begitu populer bagi mereka kelas 10 karena di SMP itu sebelumnya tidak ada. Sehingga diharapkan dengan mereka masuk ke ekstrakurikuler galasipa akan semakin mengenali apa itu ekskul Galasipa. Selanjutnya kelas 11 kelas 12 dan alumni ada yang datang juga yaitu praktek rappelling di jembatan Pelangi Langensari. Dengan praktek atau demo repling diharapkan calon anggota Galasipa dapat tertarik dan suatu saat mereka mempelajari materinya terlebih dahulu dan selanjutnya mereka bisa mempraktekkannya.

Oleh: Ade Sadi Maulana

Pembina Ekskul Galasipa

One thought on “Galasipa Melaksanakan Praktek Bivak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?