Peringati Bulan Bahasa OSIS SMANDA Gelar Lomba Antar Kelas

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman suku, ras, dan budaya. Salah satu yang tak bisa terlewati begitu saja adalah kekayaan ragam bahasa dan sastra yang tersebar di seantero nusantara. Tercatat oleh Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ada sekitar 718 bahasa daerah di Indonesia pada tahun 2020. Belum lagi maraknya penggunaan bahasa asing karena pengaruh globalisasi. Hal ini mengkhawatirkan akan melumpuhkan bahasa persatuan yang tertanam sejak dulu.

Peringatan bulan bahasa merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan serta melestarikan bahasa persatuan Indonesia. Peringatan ini secara rutin diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. Pada tahun ini OSIS SMAN 2 BANJAR mengadakan kegiatan bulan bahasa yang bertamakan “Dengan bulan bahasa, kita siapkan generasi berbahasa dan berbudaya”. Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya yaitu lomba baca
puisi, lomba cipta puisi, vokal solo, dan menulis essay.

Foto Dokumentasi Kegiatan Bulan Bahasa

Rabu, 13/10/2021 diawali dengan sambutan oleh Bapak Drs. Agus Prasetiana Selaku kepala SMA Negeri 2 Banjar dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan. Lomba baca puisi dan menulis essay memuat tema “Anti Korupsi “. Tema ini diambil karena melihat maraknya kasus korupsi di Indonesia. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anti korupsi di kalangan pelajar. Disisi lain lomba cipta puisi bertemakan “Milenial di Masa Pandemi” tema ini di ambil agar pelajar dapat berpikir kritis dimasa pandemi saat ini. Sedangkan untuk lomba vokal solo, para peserta diharuskan menyanyi lagu berbahas inggris.

Kegiatan bulan bahasa pada tahun ini, mendapatkan banyak dukungan positif dari berbagai pihak. Antusiasme dari warga sekolah pun besar, karena kegiatan ini merupakan kegiatan perdana besar setelah sekian lama segala aktivitas sekolah dihentikan karena pandemi. Semoga Pandemi ini cepat segera berlalu dan kondisi dapat normal seperti semula.

Penulis : Tim OSIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?