Webinar Pelajar dan Minat Baca Bersama Gol A Gong

Menumbuhkan minat baca sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan seputar literasi di kalangan remaja,  OSIS SMA Negeri 2 Banjar bekerja sama dengan GLS SMA Negeri 2 Banjar menyelenggerakan webinar dengan mengusung tema “Pelajar dan Minat Baca”.

Kegiatan berlangsung secara daring melalui Zoom dan live YouTube pada Jumat, (5/11/2021), pukul 13.00–15.00 WIB. Menghadirkan narasumber yang tidak main-main, Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan Gol A Gong.

Peserta didominasi warga SMA Negeri 2 Banjar yang hadir nonton bareng di ruang perpustakaan hampir mencapai 30 orang. Beberapa pula hadir penggiat literasi dari luar daerah melalui zoom meeting dan YouTube. Untuk memotivasi peserta, narasumber menceritakan perjalanan karirnya dari nol hingga sampai di titik gemilang.

Gol A Gong, yang juga seorang disfabel, juga menceritakan bagaimana beliau tangan kirinya harus diamputasi karena jatuh dari pohon. Namun semangat berliterasinya luar biasa, sehingga sukses menjadi penulis dan sekarang menjadi Duta Baca Indonesia, menggantikan Najwa Shihab.

“Bergabung ke komunitas literasi untuk menangkal hoaks dan menulis agar daya kritis teruji,” terang narasumber saat menyampaikan materi. Para peserta begitu antusias menyimak karena pemaparan Gol A Gong sangatlah menarik.

Menurutnya untuk menjaga semangat membaca, perlu mengamati fenomena hidup, lalu membuat catatan apa saja tentang fenomena yang sedang terjadi.

“Di ujung sana kesuksesan akan menanti jika menekuni membaca, karena membaca adalah prodaknya menulis,” ucap Gol A Gong.

Banyak sekali ilmu yang bermanfaat, motivasi membaca, dan modal menjadi literat yang disampaikan Gol A Gong termasuk prestasi olahraga yang ditekuninya yaitu bulutangkis yang mengantarkan beliau merebut medali emas di Asian Paragames (Pesta Olahraga Asia untuk penyandang cacat.

Yang sangat menarik pula dari acara webinar tersebut adalah narasumber memberikan doorprize buku bagi penanya terbaik di ujung kegiatan.  Sebuah aktivitas literasi yang sangat bermanfaat dan menginspirasi. Semoga kegiatan ini terus berkesinambungan di lingkungan SMAN 2 Banjar.

Salam literasi!

Sinta Oktaviani, XII.IPS2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?