“Gaya Hidup Berkelanjutan” Implementasi P5 SMAN 2 Banjar

BANJAR – 30/09/2022. SMA Negeri 2 Banjar menggelar sebuah event spektakuler di Gedung Gelora Banjar Patroman (Sport Center Langensari), Kota Banjar. Kegiatan dimulai pukul 07:30 WIB dan berakhir pada pukul 11:30 WIB. Peserta pada kegiatan ini dikhususkan hanya bagi kelas 10. Di mana ini merupakan implementasi dari diterapkannya Kurikulum Merdeka. Selain dihadiri oleh Bapak/Ibu guru, kegiatan ini pun dihadiri oleh Bapak Pengawas Pembina dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII. Proyek P5 kali ini mengusung Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan.” 

P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Kegiatan dikhususkan bagi kelas 10 yang menerapkan sistem Kurikulum Merdeka. Sedangkan Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam. Di mana peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.  

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada satu kelompok yang mengusung tema mengenai pengolahan limbah. “Permasalahan sampah di lingkungan kita masih sangat minim penanganannya. Sebagai generasi muda saya ingin mengajak masyarakat untuk peduli akan kebersihan terutama di lingkungan sekitar.” Ucap Alda Ayu sebagai salah satu peserta P5 dari kelas X.6.

 “Kegiatan ini sangat bagus dan menginspirasi, sangat bagus untuk mengembangkan minat bakat para siswa. Semoga kegiatan serupa dapat kembali terlaksana di kemudian hari.” Ucap Titin, salah satu pengunjung pameran P5.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Bapak Pengawas Pembina yang turut hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. “Saya kira ini sangat baik, karena di dalam Kurikulum Merdeka di antaranya ada P5. Ini bersifat proyek yang mana diakhiri oleh sebuah produk. Ini menjadi wujud implementasi dari proyek P5.” Meski secara spesifik beliau menambahkan bahwa kegiatan ini masih perlu proses untuk mencapai kriteria sempurna. Namun, dengan adanya proyek ini sudah masuk kategori sangat bagus. Sebab, siswa sudah mampu menghasilkan produk dan dapat dipamerkan. “Saya kira untuk para siswa SMA Negeri 2 Banjar terus berkreasi. Saya banyak mendengar tentang prestasi yang bermunculan dari sekolah ini. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah digapai.” Pungkas Tarsum Sumarna, selaku pengawas pembina SMA Negeri 2 Banjar dari KCD Wilayah XIII.  

Photo by Analog Fotografi Jurnalistik

Kegiatan ini pun tak luput mengantongi pujian dari Ketua Umum MPK SMA Negeri 2 Banjar yang turut memeriahkan kegiatan hari ini. “Semoga ke depan lebih baik lagi dan lebih kreatif lagi. Terkhusus bagi kelas 10 yang menggunakan sistem Kurikulum Merdeka.” Ucap Ilham Ardiansyah.  

Antusias yang diberikan oleh para pengunjung seimbang dengan kreativitas yang ditampilkan oleh para peserta. Kegiatan ini banyak mendapat sambutan positif dan berhasil menghipnotis ratusan pasang mata.

5 thoughts on ““Gaya Hidup Berkelanjutan” Implementasi P5 SMAN 2 Banjar

  1. Siti Maryam says:

    Waah keren banget..mengapresiasi karya anak memang wajib, next persiapan nya kita matangkan lagi ya teman

  2. Rita says:

    Luar biasa. Semoga ke depan nya tidak hanya sekedar expo, tapi juga digunakan untuk ajang menggali kreatifitas yang hebat.
    Bangga menjadi bagian dari SMAN 2 Banjar.
    Terima kasih untuk semuanya.

  3. Wahyu Agung says:

    Selama ini yg nmnya p 5 selalu diartikan produk apa yg dihasilkan namun esensi dr masing2 tema blm dikupas. Contoh tema gaya hidup berkelanjutan dg produk hasil kerajinan dari botol le mineral. Lalu apkah gy hidup berkelanjutan berarti buat produk dr barang bekas. Kl diartikan demikian kan repot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hay, ada yang bisa kami bantu?