Pelantikan PMRSMANDABAN 2022. Dilatih, Diuji, Dihargai

Pelantikan lagi nih..Agenda tahunan ini adalah bagian dari rangkaian Siklus Manajemen PMR. Setelah PMR melalui tahap perekrutan & pelatihan, sampai ke tahap penghargaan Dan pengakuan..Nah salah satu bentuk formal nya ya dengan pelantikan ini.

Kali ini, pelantikan dilaksanakan di Jatisewu Cibungbang Ciamis, seperti tahun lalu. Merupakan plan B setelah sebelumnya merencanakan bertempat di Pantai Karapyak, Pangandaran. Keputusan diambil pada hari H keberangkatan disebabkan kondisi alam sepanjang Pangandaran sedang tidak kondusif. Dari point ini saja, PMR telah belajar tentang perencanaan dan rencana cadangan di lapangan, semua harus siap dengan segala kemungkinan, tapi setelah memakai pertimbangan yang paling aman.
Pelantikan diikuti oleh 22 orang PMRSMANDABAN kelas XI dan XII.

Syarat pertama mengikuti pelantikan ini adalah, PMR telah mengikuti latihan rutin dalam tentang 1 tahun ajaran, telah mengisi buku saku minimal 50 % dari target. Dibersamai oleh pembina PMR, Tim PMI & BPBD sebanyak 5 orang. Tahap selanjutnya, PMR kls XI yang akan dilantik harus mengisi soal tes 7 Materi yang telah distandarisasi oleh PMI Dan harus memenuhi nilai KKM 70.

Selanjutnya, dengan konsep kemping ceria di Jatisewu, PMR belajar mengatur dirinya dan kerjasama dengan rekan. Kegiatan di lokasi camping diantaranya adalah fun games,yang bertujuan menguji kebersamaan, kekompakan, leadership, dan bersenang-senang juga. Tidak demi kompetisi, tapi mengerjakan sesuatu sebaik-baiknya, semampunya.

Pada saat free, PMR bebas mengeksplorasi area Jatisewu yang menarik. Malam hari menjadi ajang introspeksi, ngaji diri setiap anggota..mengakui kekurangan kelebihan, menghargai yg berharga dan sekitar, memaknai kata syukur, intinya mempererat persahabatan antar PMR.

Setelah jalan2 pagi di sekitar area camp, upacara pelantikan dilaksanakan dengan hikmat. Di tandai dengan penyematan topi PMR, maka resmilah anggota PMR kls XI dilantik, menjadi bagian utuh dari pembinaan PMR di SMAN 2 Banjar yang akan bersama membuat ekskul ini lebih maju, lebih baik,lebih kompak, lebih kreatif kedepannya.

Organisasi PMR ini ibarat satu pohon. Ada bagian akar,batang,ranting, cabang, daun, bunga,buah…kalian orang per orang mendapat peran masing2. Bukan tentang semua harus jadi pemimpin, tapi perkara memberikan peran sebaik2nya dalam kerjasama. Jika semua bagian pohon berfungsi dengan baik, maka pohon dapat tumbuh dengan subur dan memberikan bunga yg harum, dan buah yg bermanfaat. Nah anggota PMR adalah..satu badan/satu pohon yg harus bisa bekerjasama,berfungsi agar dapat bermanfaat ” . Selamat berkarya PMRSMANDABAN angkatan tahun 2022/2023..Caritas

By Siti Maryam

Add a Comment

× Butuh Bantuan?