Mengasah diri dalam Lomba PP PMR PMI Se-Kota Banjar

BANJAR – 29/10/2022 Lomba Pertolongan Pertama (PP) PMR yang diprakarsai oleh PMR SMA Negeri 2 Banjar merupakan agenda tahunan dalam program kerja PMR di SMA Negeri 2 Banjar. Tujuan dari penyelenggaraan lomba tersebut adalah penyamaan persepsi tentang Praktek Pertolongan Pertama, evaluasi dan apresiasi pada anggota PMR yang telah berlatih materi Pertolongan Pertama (PP).

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam PMR setiap anggota akan mendapat tujuh materi yang diantaranya adalah Pertolongan Pertama (PP). Pembinaan pada materi tersebut perlu diperkuat, oleh karena itu PMR SMA Negeri 2 mengadakan Lomba PP PMR se-Kota Banjar dan sekitarnya. Kegiatan ini sudah menjadi trade mark dan menjadi salah satu program kerja unggulan bagi PMR SMA Negeri 2 Banjar.

Konsep dari pada kegiatan ini yaitu menguji pengetahuan Pertolongan Pertama dalam materi dengan tes online, dan pengetahuan dalam penerapan dengan praktek. Adapun peserta dari lomba Pertolongan Pertama (PP) PMR tahun ini terdiri dari total 34 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 5 orang anggota, jadi sekitar 170 orang PMR berlatih bersama di acara ini dengan rincian anggota PMR Wira sebanyak 22 kelompok dari 10 sekolah, dan PMR Madya sebanyak 12 kelompok dari 5 sekolah.

Berbeda dengan tahun sebelumnya bahwa lomba Pertolongan Pertama (PP) yang diselenggarakan oleh PMR SMA Negeri 2 Banjar terdapat peserta dari luar kota untuk saat ini, yaitu SMK Negeri 1 Wanareja dan dari MTs Mujahidin, MTs dan MA Argayasa Ciamis sementara PMR SMA Negeri 2 Banjar yang mengikuti lomba sebanyak 30 orang / 6 kelompok. Adapun Juri dalam lomba Pertolongan Pertama (PP) adalah Tim dari PMI Kota Banjar dan panitia internal yang terdiri 5 orang BPH PMR.

Setiap kelompok PMR mendapat nama kelompok berbeda berdasarkan hasil undian pada saat technical meeting dan nam-nama kelompok tersebut diambil istilah yang ada dalam Kepalangmerahan & Pertolongan Pertama, hal tersebut bertujuan sebagai penguatan pengenalan materi juga kemampuan memahami makna dari nama setiap kelompok.

Bagian menarik dalam lomba pertolongan pertama (PP), yaitu disediakannya doorprize menarik untuk untuk para peserta. Lomba ini dilaksanakan di Pendopo Desa Langensari, Kota Banjar. Dengan mempertimbangkan kondisi kampus SMA Negeri 2 Banjar yang belum kondusif untuk kegiatan indoor ini. Juga atas dasar efektifitas lalu lintas dan ekspos Langensari pada umumnya.

Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022, mulai jam 07.30 untuk daftar ulang peserta. Jam 08.00 acara dibuka oleh Pengurus PMI Kota Banjar Bidang SDM dan Relawan, Bapa Asep Suharto, M.Pd didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bapak Sugeng Joniarto, S.Pd, M.Pd dan Ibu Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas , Dra. Umi Kalsum.

Setelah pembukaan , menu lomba selanjutnya adalah tes online materi Kepalangmerahan dan Pertolongan Pertama, ini menjadi salah satu penilaian. Dilanjutkan dengan praktek secara berurutan sesuai undian yang diperoleh. Acara berlangsung dengan lancar, dengan jumlah juri memadai, kegiatan selesai lebih cepat dari rencana. Dari rekap diperoleh peringkat juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 untuk Wira, dan peringkat 1,2,3 dan harapan 1,2,3 untuk Madya.

Disela kegiatan Lomba, anggota PMR bermain bersama materi PMR dalam ular tangga, dan melakukan bakti sosial bersih sampah sekitar lokasi kegiatan, sedangkan pembina PMR mendapat pembinaan tentang donor darah dari pengurus PMI bidang yankes, bapa Johannes F. Koraag , M.Th.

Suksesnya kegiatan, tak lepas dari dukungan sekolah, para Waka, rekan Pembina & guru, pihak Desa Langensari & Kecamatan Langensari, tak lupa anak-anakku PMR yang membanggakan.
Maju terus PMRSMANDABAN, Maju terus Relawan Masa Depan

By. Siti Maryam

Tinggalkan Balasan

× Hay, ada yang bisa kami bantu?